Senin, 19 Desember 2011

Perbedaan Nomor Massa dengan Nomor Atom


Telah diketahui bahwa proton dan neutron mempunyai massa yang sama, yaitu masing - masing sekitar 1 sma (massa proton = 1,0073 sma ; massa neutron = 1,0087 sma), sedangkan massa sebuah elektron sangat kecil, yaitu 5,486 sma. Oleh karena itu, massa sebuah atom praktis hanya ditentukan oleh massa proton dan neutronnya, sedangkan massa elektron dapat diabaikan. Jadi, nomor massa menunjukkan jumlah nukleon yaitu jumlah proton dengan neutron dalam suatu atom.
Nomor  massa  =  jumlah proton  +  jumlah neutron
Nomor massa cenderung berupa bilangan bulat  untuk mempermudah dalam perhitungan. Namun, hasil yang didapat tidak begitu tepat (kurang akurat). Nomor massa biasanya dipakai dalam membahas tentang simbol atom, elektron, proton dan neutron. Sedangkan massa atom menunjukkan jumlah proton, neutron dan elektron di dalam atom. Massa atom  merupakan massa dari isotop (unsur yang mempunyai nomor atom sama, tetapi nomor massanya berbeda.) suatu unsur sesuai kelimpahannya di alam dengan satuan sma. Jadi, massa atom diperoleh dari massa isotop - isotop yang dimiliki oleh suatu unsur dikalikan dengan persentase kelimpahan di alam. Massa atom merupakan bilangan pecahan yang sering dipakai dalam perhitungan stoikiometri karena nilai yang dihasilkan tepat dan akurat.
Jadi, secara ringkas perbedaan antara nomor massa dengan massa atom, yaitu :
·        Nomor massa menunjukkan jumlah nukleon, yaitu jumlah proton dengan neutron dalam suatu atom. Nomor massa biasanya dipakai dalam membahas tentang simbol atom, elektron, proton dan neutron. Sedangkan massa atom menunjukkan jumlah proton, neutron dan elektron di dalam atom. Massa atom juga merupakan massa dari isotop (unsur yang mempunyai nomor atom sama, tetapi nomor massanya berbeda) suatu unsur sesuai kelimpahannya di alam dengan satuan sma.
·       Dalam penulisannya, nomor massa cenderung berupa bilangan bulat. Hal ini dilakukan untuk mempermudahkan dalam melakukan perhitungan. Namun, hasil yang didapat tidak begitu tepat (kurang akurat). Sedangkan massa atom merupakan bilangan pecahan yang sering dipakai dalam perhitungan stoikiometri karena nilai yang dihasilkan tepat dan akurat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar